Minggu, 10 April 2011

arsitektur dan peran arsitek (tulisan 8)

Dunia Desain dan Arsitektur saat ini telah berkembang dengan sangat pesat mengikuti perkembangan kehidupan manusia itu sendiri. Bahkan, issue-issue terbaru pun sangat berperan dalam proses desain dan arsitektur saat ini. Global Warming salah satunya, menyumbang wacana perkembangan desain dan arsitektur hingga pada akhirnya hasil dari desain dan arsitektur itu menjadi sangat responsif terhadap perubahan alam. Prinsip dasar arsitektur itu sendiri adalah menciptakan wadah aktifitas dan ruang gerak manusia. Oleh sebab itu desain, khususnya desain arsitektur menjadi sangat dinamis. Perkembangan media juga sangat membantu membuka mata dan telinga orang-orang diseluruh dunia akan perkembangan desain arsitektur. Masyarakat awam sudah mulai terpelajar, minimal mengetahui prinsip-prinsip dasar yang ada dalam bidang arsitektur.
Bagaimana dengan di Indonesia? Indonesia saat ini tidak tertinggal dalam proses perkembangan arsitektur dunia. Biarpun berjalan tidak terlalu cepat (karena tertinggal dengan negara tetangga terdekat), arsitektur di Indonesia masih cukup progresif. Berlatar belakang kekayaan suku bangsa, adat dan kebiasaan yang ada membuat arsitektur indonesia punya potensi yang sangat unik. Namun amat disayangkan saat ini arsitektur indonesia malah berkembang kearah modern. Apakah salah? TIDAK, akan tetapi terlalu banyak arsitek Indonesia yang sangat berorientasi ke luar (mungkin karena desain yang ada di Barat sana mencerminkan kemajuan) tapi mereka melupakan adanya iklim yang berbeda, latar belakang yang berbeda dan kebiasaan yang berbeda antara manusia Indonesia dengan bangsa Barat.
Beberapa nama besar atau beranjak besar sudah dilahirkan dari Dunia Arsitektur Indonesia. Mereka yang memiliki nama besar dan track record yang sudah dikenal luas di masyarakat, baik dalam maupun luar negeri. Mengapa mereka bisa seperti itu? Mereka memiliki kualitas yang membuat mereka berbeda, kualitas yang tidak melupakan prinsip dasar arsitektur dan penerapan desain yang sangat kontekstual, terutama dengan ‘apa-yang-ada-di’ Indonesia.
Apa peran arsitek? Sangat besar, arsitek menjadi ujung tombak untuk perkembangan desain arsitektur yang terjadi. Arsitek menjadi pelaku sekaligus motor untuk perkembangan dari proses mewadahi aktifitas manusia yang ada. Oleh karena itu peran arsitek tidak bisa dipandang sebelah mata atau dikerjakan dengan asal-asalan. Seorang arsitek membutuhkan integritas, profesionalisme dan very intimate attachment dengan proyeknya atau bahkan klien yang diwakilinya (tentunya kedekatan disini bermakna positif & konstruktif). Seorang klien yang memakai jasa seorang arsitek diibaratkan menjahit baju di seorang perancang busana, bukan menjahit di sembarang penjahit di pinggir jalan. Mengapa? Karena bisa dipastikan hasil yang diberikan seorang arsitek akan sangat fit dengan kebutuhan dan personifikasi klien tersebut. Bahkan added valuenya adalah bisa dipastikan hasilnya merupakan sebuah karya yang berbeda, yang sangat personal, bisa dipertanggungjawabkan bahkan seperti ada tandatangan arsitek tersebut dalam setiap hasil desainnya.
Nanti jadinya Mahal?! Mahal adalah relatif seperti juga murah, baikburuk, atau cantik-jelek. Ketika kita ingin mempunyai sebuah rumah impian, kita tidak akan mempercayakan pengerjaannya kepada sembarang orang bukan? Rumah yang nantinya akan dibangun dari uang yang dikumpulkan dari hasil kerja keras siang-malam selama bertahun-tahun, akan menjadi tempat yang sangat pribadi, yang mencerminkan pencapaian kita, sangat fit dengan kebutuhan dan kepribadian kita,  karenanya tidak mungkin akan kita serahkan pada sembarang orang. Seorang arsitek harus dapat mempertanggungjawabkan pekerjaannya, it’s worth the money you spent. Arsitek bekerja berdasarkan kode etik profesi yang didalamnya juga mengandung pertanggungjawaban kepada Tuhan YME, masyarakat, alam dan lingkungan, profesi dan rekan sejawat dan kepada klien itu sendiri. Jadi hasilnya sangat bisa di pertanggungjawabkan, baik di dunia dan (Insya Allah) akhirat.
Jadi jangan tunggu lebih lama untuk menghubungi seorang arsitek yang anda kenal untuk mewujudkan impian-impian anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar