Minggu, 10 April 2011

peran arsitek saat ini (tulisan 9)

Peran arsitek saat ini adalah Profesi sebagai arsitek semakin mendapat tempat di dunia properti Indonesia. Masyarakat umum semakin menyadari peran seorang arsitek dalam menciptakan produk arsitektur yang bermutu. Produk arsitektur yang banyak melibatkan kerja arsitek misalnya perumahan, gedung perkantoran, dan bangunan umum. Saat ini semakin banyak bangunan yang arsitekturnya sederhana namun mampu menampilkan unsur estetika di samping unsur fungsionalnya.

arsitekKeadaan masyarakat sebagai konsumen produk arsitektur yang semakin sadar akan pentingnya harmonisasi desain, tentu menjadi suatu kabar gembira bagi kalangan arsitek. Kinerja para arsitek mulai terlihat dan diakui oleh masyarakat luas.

Ketua IAI Jakarta, Her Pramtama mengakui bahwa profesi arsitek dahulu kurang dikenal di masyarakat. Hal inilah yang kemudian membuat para arsitek kesulitan untuk mendedikasikan profesi mereka.

Pria lulusan Universitas Trisakti ini mengatakan bahwa profesi arsitek adalah produk pendidikan dan ilmu pengetahuan yang berguna bagi masyarakat
luas. Mereka berperan besar dalam hal aplikasi bangun ruang. Namun tak sampai di situ, selebihnya arsitek harus mampu mendekatkan diri dengan masyarakat, melalui karya mereka ataupun dengan memberikan layanan jasa yang berkualitas.

Saat ini, arsitek memang telah memiliki posisi tawar yang juga cukup besar dalam pemerintahan dan tata ruang perkotaan. Melalui lembaganya IAI, Her dan kalangan arsitek profesional lain sempat mengkritisi rencana pembangunan gedung baru di komplek DPR. Menurutnya, pembanguanan gedung rakyat perlu dilakukan dengan transparansi. Masyarakat harus mengetahui rencana tersebut, termasuk hitung-hitungan dana Rp1,8 triliun yang dikeluarkan untuk pembangunan gedung tersebut. IAI Jakarta pun mengirimkan surat resmi ke Badan Urusan Rumah Tangga DPR mengenai masalah ini. Dengan demikian arsitek pun berperan dalam menjembatani masyarakat dengan pemerintah dalam hal kebutuhan akan pembangunan.

Pemerintah dan masyarakat memang perlu mengubah pemahaman mereka mengenai fungsi keberadaan arsitek. Selama ini ada paradigma yang menganggap bahwa arsitek itu profesi yang eksklusif dan jasanya mahal. Tanpa harus menurunkan harga jual, para arsitek sekarang diharapkan mampu memberikan terobosan-terobosan dan rekomendasi kreatif terhadap para kliennya. Selain itu para arsitek juga diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam memperindah kota, misalnya dengan cara bekerja sama dengan kalangan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar